IMPLEMENTASI METODE MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KLASIFIKASI ANAK KELOMPOK A DI PAUD SEKARWANGI DESA BANGOREJO BANYUWANGI

Luh Putu Indah Budyawati

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk untuk meningkatkan kemampuan klasifikasi anak kelompok A PAUD Sekarwangi Desa Bangorejo Banyuwangi melalui metode Mind Map dan untuk mendeskripsikan respon anak terhadap implementasinya. Metode yang yang diimplementasikan dalam penelitian ini adalah metode Mind Map yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan klasifikasi anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini, yaitu: Mind Map, kemampuan klasifikasi dan respon anak. Subjek penelitian ini berjumlah 18 orang yang terdiri dari 6 laki-laki dan 12 wanita. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Penelitian ini mengungkapkan kesimpulan sebagai berikut: (1) Implementasi Mind Map dapat meningkatkan kemampuan klasifikasi anak kelompok A PAUD Sekarwangi Desa Bangorejo Banyuwangi. Terjadi peningkatan kemampuan klasifikasi anak dari siklus I ke siklus II sebesar 11.76%. (2) Tanggapan anak kelompok A PAUD Sekarwangi Desa Bangorejo Banyuwangi terhadap implementasi Mind Map sangat positif. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara anak menyatakan senang dengan kegiatan yang dirancang yakni implementasi Mind Map.


Keywords


Mind Map, kemampuan klasifikasi.

Full Text:

PDF