MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN DENGAN STANDAR KOMPETENSI PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN TINGKAT PUSAT DAN DAERAH PADA SISWA KELAS V SEMESTER I SDN 2 PASIR PUTIH DENGAN MENGGUNAKAN METODE STAD TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Jappar

Abstract


Pembelajaran PKn di SDN 2 Pasir Putih masih menggunakan sistem konvensional, dimana guru menerangkan, siswa mendengarkan dan mencatat serta pengerjaan tugas. Sehingga keterlibatan siswa di sini adalah keterlibatan pasif. Mereka hanya menerima, mempelajari apa yang mereka peroleh dikelas. Sehingga hasil belajar dibawah rata-rata sebanyak 70%. Salah satu bentuk pembelajaran yang berorientasi pada pendekatan konstruktivis adalah pembelajaran kooperatif tipe Tim Siswa Kelompok Prestasi STAD (Student Teams Achievement Division). Pembelajaran kooperatif tipe STAD dicirikan oleh suatu struktur tugas, tujuan dan penghargaan kooperatif. Siswa bekerja sama dalam situasi semangat pembelajaran kooperatif seperti membutuhkan kerjasama untuk mencapai tujuan bersama dan mengkoordinasikan usahanya. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini, dapat dirumuskan beberapa permasalahan sebagai berikut: 1) Apakah Hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn dapat ditingkatkan oleh model pembelajaran yang digunakan oleh guru? 2)Bagaimanakah dampak penggunaan strategi pembelajaran dengan model STAD terhadap hasil belajar mata pelajaran PKn pada siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Pasir Putih Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo? Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: 1) Mengetahui dan mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn dengan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. 2) Mengetahui dan mendeskripsikan dampak penggunaan metode pembelajaran dengan Model STAD terhadap hasil belajar mata pelajaran PKn pada siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Pasir Putih Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak 2 (dua) putaran/siklus. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas V pada Semester I SDN 2 Pasir Putih Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah sebagai berikut: l) Pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses dalam setting pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta tujuan pembelajaran yang dirumuskan tuntas. 2) Respon siswa terhadap komponen kegiatan belajar mengajar yaitu berminat mengikuti pembelajaran berikutnya jika digunakan pembelajaran yang berorientasi pendekatan keterampilan proses dalam setting pembelajaran kooperatif tipe STAD.


Keywords


pkn, kooperatif, stad,

Full Text:

PDF