PENGEMBANGAN MODEL PENILAIAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE BERBASIS POTENSI TAMAN NASIONAL BALURAN PADA MATA KULIAH PENGAJARAN MIKRO UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY MAHASISWA

Ervin Oktavianingtyas, Susanto, Rayendra Wahyu, Lioni Anka M

Abstract


Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) adalah merupakan pengetahuan tentang integrasi teknologi ke dalam pembelajaran yang sesuai dengan konten materi ajar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan instrumen penilaian Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) untuk mengukur kemampuan TPCK calon guru. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (Establishment) dengan metode trial and revised ,yaitu a) uji tahap awal pada 5 mahasiswa FKIP Unej, b) uji tahap utama pada 20 mahasiswa FKIP Unej, c) uji tahap operasional pada mahasiswa Unej, UM, dan Unesa yang seluruhnya berjumlah 40 responden, d) penyempurnaan produk. Semua data hasil uji coba dianalisis menggunakan Rasch Model dengan aplikasi winstap, dengan hasil skor reliabilitas sebesar 0,79 mengindikasikan kualitas instrument memiliki reliabilitas cukup, Skor Person Reliability sebesar 0,91 menunjukkan responden memberikan konsistensi respon yang istimewa, dan skor reliabilitas alpha cronbach sebesar 0,92 berarti interaksi antara responden dengan butir soal bagus sekali. Hasil ini mengindikasikan bahwa produk instrumen yang dikembangkan dalam penelitian layak digunakan untuk pengukuran kemampuan TPCK.


Keywords


Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK), self efficacy, model penilaian.

Full Text:

PDF