PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS PROYEK/TUGAS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II SDN 2 TAMANSARI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Minarlin Listiani

Abstract


Rumusan Masalah dari penelitian ini adalah Apakah Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Proyek/Tugas dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA materi menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya? Sedangkan Tujuan dari penelitian ini, mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran kontekstual berbasis proyek/tugas dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN 2 Tamansari Kecamatan Sumbermalang Kabupaten Situbondo. Jumlah objek penelitian ini adalah 22 siswa. Dimana pada siswa kelas IV diberi perlakuan sesuai dengan siklus I, II dan III, yaitu pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model kontekstual berbasis Proyek/tugas untuk mengetahui apakah model pembelajaran yang dipakai dapat meningkatkan Hasil belajar siswa dalam materi menggolongkan Hewan berdasarkan jenis makanannya, sehingga nantinya akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pada akhir proses pembelajaran siswa dievaluasi kemudian jawaban siswa dianalisis, berdasarkan penghitungan dari hasil evaluasi pembelajaran pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan adalah 27,27%. Dengan demikian secara klasikal dikatakan hasil yang diperoleh pada kategori tidak tuntas. Pada siklus ke II diperoleh persentase ketuntasan belajar mencapai 59,09%, pada siklus II inipun prosentase ketuntasan belajar masih pada kategori belum tuntas, dan pada hasil analisis siklus ke III diperoleh persentase ketuntasan belajar mencapai 100% hasil ini menunjukkan persentase ketuntasan belajar pada kategori berhasil, ada 22 siswa yang tuntas. Dari hasil analisis Evaluasi belajar pada siklus I, II dan III dapat ditarik kesimpulan dari penelitian ini, bahwa dengan penerapan Pembelajaran dengan Model kontekstual berbasis proyek/tugas dapat meningkatkan hasil belajar Siswa pada mata pelajaran IPA materi menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada Siswa Kelas IV semester II SDN 2 Tamansari Tahun pelajaran 2015-2016. Dari hasil Penelitian Tindakan Kelas ini, pihak sekolah dalam hal ini SD Negeri 2 Tamansari dapat mempunyai kesimpulan bahwa Dengan menggunakan Pembelajaran dengan Model Kontekstual berbasis Proyek/Tugas pada pelajaran IPA Materi menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya dapat meningkatkan hasil Belajar siswa.


Keywords


Model Kontekstual berbasis proyek/tugas, Hasil belajar, IPA

Full Text:

PDF