KONTRIBUSI KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DAN KIMIA SISWA SMA DI KOTA MANOKWARI

Iwan[ Dosen Jurusan Pendidikan Biologi FKIP Universitas Papua], Achmad Rante Suparman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kontribusi konsep diri dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap hasil belajar Biologi dan Kimia siswa SMA di Kota Manokwari.Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang dilaksanakan pada SMA di Kota Manokwari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMA di kota Manokwari tahun ajaran 2015/2016, sebanyak 900 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa pada tiga SMA di kota Manokwari tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel adalah secara purposiverandom sampling. Sampel SMA di kota Manowari diambil secara purposive menjadi tiga kategoriberdasarkan akreditasi A, akreditas B, dan akreditasi C. Kemudian setiap kelompok sekolah berdasarkan akreditas diambil secara acak. Siswa kelas XI IPA SMA yang diambil sebagai responden dengan alasan sudah mencapai target kurikulum sebesar 51,16% dan belum mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian nasional. Terdapat kontribusi positif konsep diri dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap hasil belajar Biologi siswa SMA di Kota Manokwari sebesar 74,3%. Dan begitu pula Terdapat kontribusi konsep diri dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap hasil belajar Kimia sebesar 19,9%.


Keywords


Konsep diri, Motivasi Berprestasi,hasil belajar

Full Text:

PDF