MODEL PEMBINAAN TRANSFORMATIF UNTUK PROGRAM PEMBINAAN KARANG TARUNA

Fuad Hasan[ Dosen Prodi PLS FKIP Universitas Jember]

Abstract


Pemilihan model pembelajaran merupakan langkah penting yang harus dilakukan oleh pembelajar dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran, tanpa terkecuali dalam pembinaan karang taruna. Model pembeinaan transformatif untuk program pembinaan karang taruna ini dibuat untuk melaksanakan pembinaan terhadap pengurus dan anggota karang taruna. Model pembinaan ini dibuat dengan mengacu pada model pengembangan yang dibuat oleh Joyce & Weil (1996) yang menggunakan lima komponen. Komponen yang dimaksud adalah (1) sintaksis, (2) sistem sosial, (3) prinsip reaksi, (4) sistem pendukung, dan (5) dampak instruksional dan pengiring. Hasil pengembangan ini berupa buku model pembinaan transformatif untuk program pembinaan karang taruna. Buku model ini terdiri dari tiga bagian yaitu, bagian pengantar, model dan panduan implementasi. Buku model ini telah melalui validasi dari ahli bidang studi PLS dengan skor 97,5%, ahli model pembelajaran dengan skor 84,38%, pengguna level 1 dengan skor 79,69%, dan pengguna level 2 dengan skor 82,81%.


Keywords


model pembelajaran PLS. pembinaan transformatif, karang taruna.

Full Text:

PDF