PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA PESERTA DIDIK KELAS VI SDN GUMELAR 03 BALUNG

Nanik Sudaryati

Abstract


Pada tahun pelajaran sebelumnya, sebagian besar peserta didik kesulitan memahami konsep ASEAN. Sementara itu pada awal semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dijumpai peserta dengan karakteristik sulit menghafal/ memahami materi. Ketuntasan klasikal pada ulangan harian sebelumnya hanya 50%. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar pada pokok bahasan ASEAN, melalui perbaikan kualitas proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran make a match. Penelitian dilakukan selama 2 siklus, melibatkan 17 peserta didik kelas VI SDN Gumelar 03 Balung. Indikator keberhasilan yang ditetapkan adalah 80% peserta didik tuntas mencapai nilai KKM 65. Data diperoleh melalui tes lembar kerja. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan secara signifikan pada prestasi belajar, yaitu 88% peserta didik tuntas. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 24% dari siklus sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran make a match mampu meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pokok bahasan ASEAN.


Keywords


Hasil belajar, Model pembelajaran Make a match, Materi

Full Text:

PDF