PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ALAT-ALAT PENCERNAAN PADA MANUSIA MELALUI MEDIA TORSO DI SDN KARANGSEMANDING 02 BALUNG JEMBER

Setyagung Budi Cahyono

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN Karangsemanding 02 Balung Jember pada siswa kelas V dengan jumlah peserta didik 36 orang. Penelitian juga dibantu oleh guru yang lebih senior sebagai teman sejawat. Waktu pelaksanaan pada bulan April Juni 2015 dan dilakukan dalam 2 siklus. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA pokok bahasan alat-alat pencernaan pada manusia melalui media torso. Adapun teknik yang digunakan selama penelitian adalah dengan melakukan observasi atau pengamatan dan pemberian tes individu di akhir pembelajaran. Dari penelitian yang telah dilaksanakan hasil analisis aktivitas belajar siswa pada siklus I menunjukkan 18 dari 36 orang siswa (50%) masuk dalam kategori kurang aktif, dan 18 dari 36 orang siswa (50%) memperoleh hasil belajar yang kurang baik atau masih di bawah KKM yang telah ditentukan. Namun pada siklus II hasil analisis aktivitas belajar siswa meningkat yaitu 62% dari 22 tersebut masuk dalam kategori aktif dan hasil analisis hasil belajar siswapun mengalami peningkatan yaitu yang tadinya tidak ada pada siklus I maka 25% dari 36 siswa mendapat nilai 100 pada siklus II. 75% lainnya mendapat nilai ? 70 (diatas KKM yang telah ditentukan). Akhirnya penulis menyimpulkan berdasarkan hasil dan pembahasan di atas bahwa tujuan penelitian yang telah dilaksanakan mengalami keberhasilan. Dengan kata lain implementasi tindakan pembelajaran melalui media torso dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Alat-alat Pencernaan pada Manusia.


Keywords


aktivitas, hasil belajar, media torso.

Full Text:

PDF